Kamis, 12 Februari 2015

Ultahku di Hari Valentine (Antologi Cerpen Demangan news Edisi 30)

Ultahku di Hari Valentine

Di pagi hari yang begitu gelapnya dengan langit tertutupi awan mendurng membuat para santri putri tidak bersemangat mengikuti kegiatan. Sebagai ketua kelas di kelas VA IBT kubuka kembali pelajaran yang telah di pelajari tadi malam bersama teman-teman.
Kira-kira aku dapat apa nanti ya putri?” kata zia yang lagi ilfil kepadaku “ hus. Kita kan sudah mengadakan perjanjian dengan bunyai. Bagi siapa yang merayakan hari valentine maka ia akan dihukum, kamu mau rambut kamu dibotakin?” padaku kepada zia.
“kita kan bisa secara sembunyi-sembunyi “ kata zia
“ Aduh zia. Udah deh, sehebat-hebatnya orang melakukan kehajatan pasti bakal ketahuan juga, dan aku tidak mau terjadi apa-apa pada sahabatQ” PaksaQ pada zia. Ziapun hanya cengengesan. Zia memang orangnya suka ngotot dan keras kepala, tapi dia jug baik. Tidak lama kemudian kututup kembali kitabku karna waktu jam sekolah telah tiba dan aku bangunkan teman asramaku yang sedang tidur. Bagi santri Darul Falah tidur adalah menjadi kegiatan wajib sendiri.
Di kelas anak-anak banyak yang membicarakan masalah valentine yang memang tidak diperbolehkan di kalangan ummat islam. Tetapi masih saja banyak santri yang melanggar, sepulang sekolah banyak santri putri yang dipanggil oleh santri putra. Tapi hanya di luar  saja, untuk sementara ini santri putra manapun tidak diperbolehkan memasuki area santri putri, apabila mendapatkan hadiah maka langsung di rampas oleh pengurus serta mendapatkan hukuman.
Pada saat itu Fauzia sedang berada dikamar mandi dipanggil oleh kakaknya. Maka akulah yang menemuinya dan kebetulan aku sudah kenal dengan kak Saiful “ maaf kalau kak Saiful menunggu lama “ kataku setelah di hadapan kak Saiful.
Fauzia mana put? “ kata kak Saiful kepadaQ
Fauzia lagi dikamar mandi  kak, sebentar lagi dia sudah selesai kok. “Saya nitip ini  aja buat Fauzia soalnya saya masih ada urusan “ Kata kak saiful sambil mengulurkan sebuah amplop.
Akupun hanya terdiam menatap cowok di sebelah kak Saiful yang begitu cakepnya.
“Fauzia “ kata kak Saiful dengan suara agak lantang  “ eh. Ia kak “ jawabku yang agak  gugup. Sedangkan cowok di sebelah kak Saiful itu hanay tersenyum. Tidak lama kemudian Kak Saiful pergi, dan tak henti-hentinya aku menatap langkah si cowok itu pergi hingga menghilang dari penglihatanku dengan gembira aku kembali ke asrama dan memberi tahu Fauzia. Sesampai di asrama tak henti-hentinya aku mengingat si cowok itu sehingga aku tersenyum sendirian “ Putri kenapa lho? Senyam senyum sendirian kata Fauzia
“ Tau Gak, tadi di bawah aku bicara dari hati ke hati dengan teman kakak kamu” siapa?” ga tau pokoknya orangnya cakep putih dan lebih cakep dari kakak kamu”
“ O… itu Azis namanya sepupu que. Memang orangnya cakep banyak cewek-cewek cantik yang suka ma Azis, tapi Azisnya cuek aja. Malah dia bilang ga ada yang cocok “ jelas Fauzia padaku.
“Putri-putri “ panggil salah satu temanku
Ia ada apa ayu?” kamu dipanggil ustadzah maimuna. Kayaknya dia sedang marah” tutur ayu padaku. Rasa bahagiapun tiba-tiba berubah menjadi kesusahan. Berat rasanya kaki melangkah ke hadapan ustadzah Maimuna yang memang terkenal pengurus yang paling kejam di PPDF. Sepertinya aku tidak melakukan kesalahan “ pikirku keringatku jatuh membasahi sekujur tubuhku.
“Assalmualaikum” kataku setelah sampai di depan kantor. “waalaikum salam” jawab ustdz maimuna yang menghadapkan mukanya kedepan tembok (membelakangiku) dan tiba-tiba dia langsung membalikkan tubunya menghadapku “Plak” ustadz Maimuna memukul bangku dengan keras. Seolah menggetarkan ruangan itu. Aku hanya menunduk dan mengalirkan air mataku dengan deras dan bartanya-tanya pada diriku sendiri yang tak berani menanyakan langsung pada ustadz Maimuna.
Beberapa perkataan dan ancaman yang keluar dari mulut ustadz Maimuna jika dalam tempo 2 hari aku tidak menemukan bukti, maka terpaksa dia menghukumkum.
Ustadz” kataku dengan gemetar. “diam. Sudah banyak teman-teman kamu melaporkan, bahwa kamu seri ketemuan dengan santri putra. “Jelas ustadz Maimuna. Akupun tidak mengerti maksudnya apa.
Ustadz” kataku lagi, aku sudah tidak percaya lagi omongan kamu, karna bukti ini sudah kuat bahwa kamu mendapatkan ini dari santri putri.” Kata ustadz sambil menunjukkan kado yang berwarna biru dan dilingkari dengan sebuah pita. “sekarang kamu keluar dan ingat 2 hari lagi” akupun keluar dengan diiringi air mata yang selalu membasahi pipiku.
Dan aku tidak mau semua orang menganggapk orang yang munafik. Dan aku langsung menangis kepada sahabatku. “Fauzia, kamu percayakan sama aku? Kalau aku tidak pernah melakukan hal itu, dan tolong bantu untuk cari bukti, bahwa aku tidak pernah melakukan hal itu.”
“Putri aku tidak menyangka sama kamu ternyata aku salah menuai kamu” kata Fauzia yang tiba-tiba berubah 100% padaku. Akupun semakin menangis, kenapa semua orang tiba-tiba berubah membenciku. Dan aku hanya bisa menangis dan menangis. Siang malampun aku berdoa kepada Allah SWT supaya terbukti  bahwa diriku tidak bersalah.
Hari begitu cepat berganti, sehingga kini telah sampailah pada hari yang ditunggu-tunggu oleh ustadz Maimuna. Di depan anak-anak ustadz memarahiku “ putri aku tidak membutuhkan tangisanmu, aku hanya membutuhkan bukti bukti dari kamu” kata ustadz Maimuna dengan kejam dan kini saatnya semua pengurus menggundul rambutku. Aku hanya bisa pasrah. Dengar tiba-tiba musholla menjadi gelap akupun semakin ketakutan dan dengan tiba-tiba mushollah terang kembali dan ruangan itu sangat indah dan semua teman-temanku mengucapkan HAPPY BIRTHDAY dengan membawakan sebuah kotak berwarna blue kini tangis kesedihanku berubah menjadi keharuan dan Fauziapun langsung memelukku “Happy Birthday” ucapnya padaku. Untuk teman-teman dan para pengurusku ku ucapkan terima kasih karna kalian telah peduli  padaku” dan akupun langsung memeluk ustadzQ satu-persatu”Putri ini hadiah dari Aziz”
“Azis? “ kataku sambil mengernyitkan dahi
“Buka-buaka” suara teman-temanku dengan kompak. Dan akupun langsung membuka dan di dalamnya terdapat sebuah kertas dengan tulisan yang sangat besar
“HAPPY BIRTHDAY PUTRI KE 18”. Dan sebuah kata yang tidak Que sangka “ I Love You Putri” dan kini kebahagiaanku jauh lebih besar dari kesedihanku kemaren.

By: Arhabunnajwa

         Putri Maghfi

0 komentar:

Posting Komentar