Kamis, 29 Januari 2015

BIRAHI PENYESALAN (Cerpen mading demangan news edisi 4)

BIRAHI PENYESALAN

Nur Hasanah nama panjangku, pada awalnya aku hidup di desa, dengan penampilan yang masih agamis dan sederhana yang tertutup rapat rambutku Oleh jilbab yang selalu menemani setiap langkahku, Aku hidup bersama dengan Ibuku yang hanya berdua, Ayahku telah lama meninggalkan kita brdua, perceraiyan mereka membuat kesedihan yang sangat dalam di benakku apa lagi ibuku, ku coba tuk bersabar dengan ujian yang Allah berikan padaku,
Hingga ahirnya tumbuh di benakku untuk bisa melanjutkan Sokolah di luar kota, Aku minta restu ama ibu, ibu selalu melarangku entah apa yang ibu hawatirkan dengan keadaanku saat ini, sedangkan aku sudah dewasa yang pasti aku mampu untuk hidup di kota, agar kehidupanku bisa berubah, setiap hari aku mampu mendapatkan uang sebesar Rp. 50.000, Itupun aku harus mendorong gerobak yang di iringi rentengan beberapa Kopi dan minuman-minuman seperti Es, AQUA dan dll.itulah keseharianku dengan ibu, dari jualan itu aku menabung sedikitnya Rp.1000 untuk bisa berangkat keluar kota.
Maka dari itu aku coba tuk memaksa sama ibu agar aku di restui untuk bisa sekolah di luar kota, dan kebetulan pada waktu itu aku baru saja Lulus SMP, aku terpaksa memaksa sama ibu agar aku di restui. Tapi, hasilnya tetap saja nihil. Namun, kali ini aku coba memaksa dengan menangis dan bersimpuh di kakinya dengan kusebut nama Alloh sebagai saksi bahwa niatku keluar kota sangatlah suci tidak lain hanya ingin membahagiakan ibu, setelah mendengar penjelasanku ibu langsung meneteskan air mata dan mengalir ke pippinya hingga jatuh sebagai tanda sayang pada buah hatinya seraya berkata “anakkku bukannya ibu gak ngizinin kamu sekolah di sana,tapi kehidupan di kota sangatlah  kejam, disana Orang-orang banyak yang merengek-rengek kelaparan dan para wanita melepaskan kerudungnya yang sebagai penutup suci dari keburukan-keburukan itu dengan uang dan material, itulah kehidupan kota anakku….!”jelas ibu. “tapi saya udah dewasa bu….., saya sanggup untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk,”ungkapku dengan tegas ama ibu, dengan adanya persengketaan kecil antara aku sama ibu itu, akhirnya aku di restui oleh ibu.
###
Masa-masa haru telah terlewati, kini saatlah hari-hariku mengetahui kehidupan di kota, ucapkan salam serta doa buat ibu, ku lambaikan tanganku dari dalam kaca mobil saat ku mulai pergi tinggalkan kampung halamanku, sebelas jam aku di perjalanan menuju ibu kota tercinta, jakartalah harapanku saat ini, tibalah di Jakarta aku hidup sendiri di rumah kosanku, ku coba keliling kota tuk cari pekerjaan, alhasil usahaku sia-sia. ku coba ulangi berkali-kali. Tapi tetap aja nol besar buatku.
Hingga akhirnya aku temui Pria tampan yang lagi asyik makan di Warung baksonya pak heri,postur tubuhnya sangat oke, berpakian rapi dengan memaki Jaz Hitam seperti Bos-bos Pemimpin Perusahaan-perusahaan maju, saya tambah yakin kalau pria itu adalah Bos, apa lagi dengan Mobil INOVA di sampingnya yang telah meyakinkanku bahwa dia adalah Orang yang kaya raya, hingga akhirnya ku bertanya pada pria tampan itu,
“permisi mas, boleh nanya gak?”
“ada apa mbak, ada yang bisa saya bantu?”dia balik nanya.
ku coba menjawab meskipun dangan kegugupan,
“di mana ya mas ada lowongan kerja?” “ada bak kebetulan saja saya butuh tenaga kerja, tapi kalau mbak mau kerja di BAR saya aja,” tegas Pria itu.
“saya mau mas, yang penting saya kerja dulu”. ungkap saya “baguslah kalau begitu, tapi kalau boleh tahu nama mbak siapa?”
“Oh ia aku lupa mas, Namaku nur hasanah” beginilah ungkapku dengan rasa malu, “nama mas sendiri siapa?” tanyaku “nama saya Firdaus” jawab pria itu.
###
Masa-masa telah terlupakan, tibalah saatnya aku mulai kerja, betapa terkejutnya ketika aku tahu kehidupan malam di jakarta, tak bisa kupungkiri kenyataan ini. Sebab hanyala inilah harapanku tuk bisa sekolah di jakarta, terpaksa juga kulepas kerudungku demi cita-cita, emang awalnya perasaan takut selalu menghantuiku. Tapi, lama kelamaan jadi terbiasa.disitulah lingkungan hidupku mulai ada perubahan.
###
Tibalah saatnya aku daftar sekolah, dan aku di terima di sekolah SMAN pura punar jaya di jakarta. Tidak berapa lama aku masuk sekolah, aku udah banyak yang kenal, mungkin itu karena pekerjaanku  udah biasa dengan pergaulan, jadi mencari teman sangatlah mudah sebagaimana teman-teman di BAR itu, pekerjaan itu emang tak asing lagi bagiku. Namun, kali ini sangatlah berbeda, semua itu bermula di saat cowok ganteng menghampiriku seraya berkata.
“minumnya satu mbak” aku tercengah, wajahku pucat, belerang mataku beku membatu, hingga akhirnya aku suguhkan satu minuman beralkoholp padanya. Kemudian dia menyapaku, berbincang-bincang, hingga di akhiri dengan perkenalan, yang tak lain lagi cowok itu bernama moldy.
Sejak saat itulah moldy sering telponan dengaku, dan moldy terus mengajak ketemuan denganku, hal itu hampir setiap kali terjadi, hingga akhirnya kami janjian untuk ketemuan di hotel bintang 5 disebelah plaza manuhara. pada malam itu moldy memaksaku untuk menginap di hotel itu. Mungkin karena keberadaanku ini, akhirnya aku terima tawarannya. Namun, sungguh aku tak sadarkan diri, sunyinya malam melemahkanku, dinginnya malam pun mendorongku tuk berada dalam dekapannya, hingga akhirnya aku sadar, badanku lemas tak berdaya, aku rasakan sakit yang tak pernah kurasakan, air mataku tumpah mengingat kehormatanku telah terampas dan derajatku berbelanting menjadi kehinaan.
Selepas dari kejadian itu, aku coba hampiri moldy tuk minta pertanggung jawab atas perbuatannya, tapi apa,  yang aku terima hanya ucapan yang tak pernah terbayang di benakku, dia mengosirku seakan dia tak pernah kenal denganku, apa lagi istrinya keluar dan mencacimakiku, sungguh aku merasa sangatlah hina, apa lagi setelah aku tahu kalau dia sudah beristri.
Kehamilanku tersebar luas di kalanganku, apa lagi di sekolah ,  semua siswa dan guru sudah tahu keadaanku, dimana-mana cemohan pelacur menghampiriku. Hingga,akhirnya aku di campakkan dari sekolah yang selama ini aku dambakan.apa lagi setelah aku positif terfonis HIV atauAIDS. Janin di rahimku mengingatkanku pada perkatan ibuku “kehidupan di kota sangatlah kejam”, saat itu pula sangatlah aku rindu pada ibuku,
 “ tuhan berikan aku hidup  satu kali lagi hanya untuk bersamanya kumencintainya, sungguh kumencintainya”bunyi itu terdengar dari sakuku, kuangkat hpku.
“halo….Assalamualaikum”
“wa’alaikum salam…,ini nuri ya?”
“iya bi’ ini nuri ada apa bi’?”tanyaku dengan rasa hawatir akan ada sesuatu di rumahku.
“sebaiknya kamu pulang nak.., dirumah ada selamatan”bibi’ berbohong kalau sebenarnya ibuku telah meninggal.
“ iya bi’..! insya alloh entar sore”jawabku.
Sore itu juga aku pulang denga membawa semua barang-barangku. Tapi, setelah aku sampai di rumah, aku tak lagi temui sosok ibuku yang sangat aku sayang, dia telah pergi memenuhi panggilan sang maha pencipta. Aku hanya bisa menangis, menangis dan menangis merasa salah dengan apa yang aku perbuat. karena, tak mengikuti kata-kata ibu.
Sejak saat itulah aku sadar. Bahwa, perkataan seorang ibu adalah surga buat kita sekarang, diriku benar-benar sangat hina , apa lagi aku sekarang tinggal sebatangkara, lebih-lebih virus mematikan itu sedang berkembang di dalam tubuhku. Dan sekarang waktuku tinggal menghitung jari. Beginilah rasanyaa maut diujung rambut sedikit demi sedikit waktuku akan terkikis di dunia ini.
ya…alloh maafkanlah diriku dari semua kesalahan, lepaskanlah diriku dari kehinaan ini, bahagiakanlah kedua orang tuaku yang telah lama meninggalkanku , angkanlah kehinaanku ini menjadi kemulyaan di pintu maafmu, agar  kedua orang tuaku bahagia disisinya.
Itulah doa yang ku ucapkan disaat-saat terkhir nafasku. Dan penyesalanku tiada guna di akhir masa.
By : Agus Musa Al-Muhromi


0 komentar:

Posting Komentar