Kamis, 29 Januari 2015

TANGISAN CINTA DI BALIK PERPISAHAN (Cerpen Mading demangan NEws Edisi 11)

TANGISAN CINTA DI BALIK PERPISAHAN

Syawrika Auliyah sebuah nama yang begitu indah dan anggun mempesona yang merupakan nama salah satu santri di pondok pesantren Darur Rahmah, anak itu baik manis dan cantik sekali yang membuat semua orang disekelilingnya terkesima dan tak tentu arah bila memandangnya, karena keelokan paras wajahnya bak embun di pagi buta, matanya yang sayu bagaikan desiran angin surgawi yang mengitari alam panorama ini. Ditambah dengan bibirnya yang merah delima laksana bunga mawar yang bergoyang pinggul di kesucian pagi 
Pada tanggal 4-5 september 2008 Ika panggilan akrabnya berulang tahun untuk fenomene kisah cintanya yang telah terungkap suci dari bibir sang idola hatinya yaitu Risky. Risky kekasih hatinya, yang mempunyai wajah yang col dan tak asing lagi di pondoknya yang kebanyakan temen-temenya mengatakan pintar dalam masalah apapun. Pada hari yang penuh dengan kebahgian, Risky memberikan sebuah kado untuk ika yang berisi krudung dan jam tangan sebagai hadiah akan keabadian cintanya.
“Selamat berbunga-bunga hati kita karena dalam detik ini cinta dan kasih sayang kita masih kokoh dan tak pernah pudar, meskipun banyak terpaan yang datang bertubi-tubi tuk memusnahkan semua haran dan cit-cita kita berdua”. Ika ku yang cantik !!! ucap Risky sambil menyerahkan kadonya di pemanggilan santri banat. “thanks banget yach.! Ucap Ika dengan nada malu. Tapi bagi Ika pemberian Risky mengingatkan pada masa lalunya, ketika dia di cintai oleh orang yang pernah menghianati cintanya, “Syaif  dialah cinta pertama Ika sebelum dia mondok yang mana Syaif dulu juga pernah memberikan hadiah krudung dan jam tangan sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 17, sampai sekarang Ika belum bisa melupakan Syaif, Ika masih menyayanginya, meski Ika sudah dikhianati oleh Syaif.
“Ika…!!! Panggil Risky membuyarkan lamunannya yang tak pasti, “kamu kenapa  sich, mulai tadi pikiranmu kok melayang?  Kamu gak bahagia ya dengan pemberianku kali ini? Tanya Risky. “aku ga’ apa-apa kok! Jawab Ika bohong. “kamu ga’ usah bohong Ika aku tahu kamu, pasti ada sesuatu yang kamu sembunyikan dari aku! Ucap Risky. “Risky maafkan aku, sebenarnya tadi aku ingat pada masa laluku yang sempat menyiksa kehidupan ku, aku takut tragedy itu terulang kembali pada kisah cinta kita berdua. Kamu masih gak percaya dengan kesetian dan ketulusan cintaku? Potong Risky. Bukan begitu, tapi tragedy itu selalu menghantui diperjalanan cinta kita bedua, aku takut Risky aku gak pengen kehilangan cinta yang sudah bersemi ini. Ucap Ika sambil meneteskan air matanya. Kasih yakinlah kalau aku gak akan menghianatimu dan aku akan selalu menyangimu untuk selamanya. Balas Risky meyakinkan Sang ke kasih hatinya.
Risky aku minta maaf karena perasaanku yang berbisik aneh ini! Imbuh Ika penuh harap. “kamu gak usah minta maaf, kamu gak salah aku ngerti kok giman perasaan wanita, jikala disakiti oleh orang yang disayanginya, sebab hatinyanya wanita itu sangat lembut namun sekali di sakiti maka selamanya akan tersakiti. Apalagi orang itu cinta pertama kamu. iya kan??!! “seketika itu pula air mata Ika jatuh basahi pipinya mendengar kata-kata Risky yang membuatnya merasa bersalah pada Risky. Risky yang melihat Ika menangis merasa gak tega, Risky langsung memegang pipinya seraya menghapus air mata Ika untuk memberikan kedamaian pada sang ke kasihnya.
Beberapa hari kemudian Risky dan Ika menjalani hari-harinya bersama di pondok pesantren Darun Rahmah dengan penuh silawan canda tawa dan kebahagian yang menemaninya dalam suka dan dukanya. Hingga akhirnya, Ika benar-benar terhipnotis serta luluh oleh kebaikan dan kasih sayang Risky padanya yang sebelumnya tak pernah Ika dapatkan dari Syaif walaupun Syaif juga menyanginya, dengan perhatian yang lebih padanya. Risky  memang pemuda yang pintar untuk menaklukkan hati setiap perempuan yang ada di permukaan jagat raya ini. Dan ternyata Ika telah bisa menyayangi dan mencintai Risky sepenuh hatinya dan sedikit demi sedikit Ika bisa melupakan kenangan masa lalunya dengan Syaif.
Suatu hari…Saat Ika sedang di kirim oleh keluarga besarnya, tiba-tiba ibunya menanyakan pada Ika. Oh ia nak kamu sekarang tetap punya hubungan sama Risky ya? “Ika langsung terkejut dengan pertanyaan Ibunya. Ia Buk. Emang ada apa Buk? Kok gak kayak biasanya Ibu bertanya kayak gitu ama Ika? Tanya Ika. Bukan gitu nak kamu kan udah 1 tahun lepas dari tunangannya dan sampai sekarang orang yang menjadi pilihanmu belum datang untuk meminangmu, apa kata tetangga kalau sampai sekarang kamu tetap kosong? Atau mungkin dia cuman hanya mempermainkan kamu aja? Buk jangan bilang kayak gitu. Potong Ika. Bukan gitu Ika, kalau sampai bulan ini kamu masih gak ada yang meminang, maka jangan salahkan Ibu, kalau kamu akan aku jodohkan dengan pilahan ibu sendiri. Camkan itu. Kenapa Ibu memaksakan kehendakku Buk? Biarlah aku yang menjalani semua ini, ibu jangan khawatir dengan hubungan kami dan aku yakin kok Risky akan meminangku, tapi bukan sekarang soalnya dia masih ada di pesantren. Ucap Ika dengan lemah lembut. Ya masalah itu aku gak pengen tahu yang penting aku tunggu jawaban kamu kalau gak ada kabar jangan salahkan Ibu. Ia buk. Ucap Ika dengan menundukkan kepalanya.
Setelah kejadian itu Ika bingung dan hatinya gundah gulana memikirkan apa yang telah dikatakan oleh ortunya. Dia harus bagaimana untuk memecahkan problem ini? Karena hanya ada dua pertanyaan yang sulit untuk di jawab, karena semua kejadian ini menjadi tantangan dahsyat bagi cinta mereka berdua. Malamannya terasa sunyi hanya sengatan angin malam yang menemani kesedihan Ika, jam telah menunjukkan pukul 12:00 Wib, lama berpikir dari khyalan kesedihannya Ika langsung mengambil pena seraya menuliskan isak tangis dalam hatinya.
To: Pangeran Hatiku
         In wisma suci
Aslamu alaikum Wr. Wb.
Wahai orang yang sangat aku sayangi!!!
Sebelumnya aku minta maaf tanpa disadari aku telah mengganggu aktifitasmu, tapi ini semua demi kebaikan hubungan kita. Kasih!!! Dengan air mata penyesalan mengiri tinta di atas kertas yang tak berbaju ini, ku persembahkan kegalawan hatiku. Agar aku bisa menyirami keresahan dan ketakutan hati ini. Tetesan air mata dipelupuk jiwa, ku sabdakan sebagai bukti akan kesucian cintaku padamu. Tangisan malam ku raungkan pada sang Ilahi Rabbi yang setia menemani kerisawan hatiku dikala jiwa ini tak sanggup lagi menahan apa yang telah terjadi. Namun aku sadar bahwa semua itu tak mungkin ku tempuh dengan sendirian. Kasih!!! kalau emang kamu gak bisa meminangku pada bulan ini, maka orang tuaku akan menjodohkan aku dengan pilihannya sndiri, karena tradisi orang rumahku kalau bertunangan terus putus dan gak ada yang melamarnya itu di namakan wanita yang gak laku, padahal aku gak pengen kehilangan kamu, aku sangat mencintaimu, tapi aku gak pengen juga keluargaku di bicarakan tetangga. Mungkin kamu sudah mengeti dengan semua fenomene ini.
                                                                                                                        By: Pujaan Hatimu

Keesokan harinya surat itu sampai juga ketangan Risky dengan pelan Risky langsung membuka sekaligus membacanya. Seteleh membaca surat itu Risky bingung harus bagaimana dengan semua ini. Sehari-harinya hanya tangisan yang di panjatkan pada sang penciptanya. Malam itu tepat hari ultahnya Ika, Risky menyelipkan surat tentang jawaban Risky selam satu bulan ia pendam.
  To: Pujaan Hatiku
         Di Wisma perpisahan
Aslamu alaikum Wr. Wb.

Assalamu Alikum Wr. WB.
Kasih…! Tanggal 29 Mei 2010 telah ada dihadapan kita, jam telah nenunjukkan pukul 12:00 malam, ku termenung dan menghayal kesendirian di teras madrasah, hanya goyangan pena yang menari-nari kegirangan di atas kertas yang tak bermaya ini, untuk menjadi tumpuan segala rasa curahan hatiku yang ada dilorong sunyi. Petangnya malam telah menutupi indahnya sang awan, namun sekarang hanya bayangan sinar sang rembulan dan bintang yang berkelap kelip di angkasa khayalan yang menjadi teman sejatiku di kala gelap gulita malam menyelimuti aura dunia fana ini.
Kasih…! Kutitipkan sejuta salam berkah lewat setiap serpihan angin malam yang selalu setia menemani dan mendengarkan segala isak tangis dan kegalauan di lubuk hatiku. Dan lewat alam panorama ini, ku ingin menyampaikan sehelai kasih sayang kepada sang pujaan hatiku, sesuatu yang selama ini menjadi sejarah Memory yang sangat indah bagi petualangan kehidupanmu, yakni Selamat Hari Ulang Tahun yang ke 20 Tahun, semoga kehidupanmu lebih baik dan cerah dari tahun kemarin dan semoga amal ibadahmu di terima disisi Allah Swt.
Kasih…! Mafkan aku karena aku gak bisa memenuhi permintaan sucimu. Mungkin kamu sudah tahu dengan semua keadaan ini. Aku akan selalu mendoakan kamu semoga kamu bahagia dengan pilihan orang tuamu dan semoga laki-laki itu bisa memberikan jalan yang terbaik bagi kehidupan kamu.
TTd

Risky

By: M. S. @rifin C 07
      Wadik’s Putra


    







0 komentar:

Posting Komentar